Baliho

6 Feb

Oleh : Qizink La Aziva

Ini cerita dari kawanku tentang baliho para calon anggota legislatif (caleg) yang bercakap-cakap di malam hari.

***
Malam telah larut. Langit makin pekat dengan bulan sealis. Angin berhembus perlahan menerobos gerbang komplek perumahan yang dipenuhi baliho.
Wajah Yosi di baliho 2×3 meter makin kusut. Mata Komar menatap tajam wajah Yosi, menantu tersayangnya.
“Kuperhatikan dari siang wajahmu kusut terus. Kalau wajahmu kecut begitu, mana ada warga yang akan simpati untuk memilihmu,” ungkap Komar.
Yosi tak segera menyahut. Perempuan dengan rambut sebahu tersebut malah makin kecut wajahnya.
“Ada apa sayang. Bilang sama Om, kenapa cemberut begitu. Saat kampanye, perbanyaklah senyum,” suara Komar lembut. Namun karena malam itu hening, suara pria yang rambutnya telah beruban itu terdengar nyaring di telinga Yosi.
“Yosi lagi jengkel Om,” ujar Yosi. Tubuhnya bergoyang ditiup angin. “Coba Om perhatikan baliho yang ada di bawah kita!”
Di bawah baliho Yosi yang tertancap pada batang bambu itu terdapat sebuah poster caleg muda. Caleg dari Partai Kuning Langsat (PKL) itu memakai kaca mata hitam. Tak diketahui, apakah dia tertidur atau mendengarkan percakapan Yosi dan mertuanya.
“Ah, dia itu kan baru politisi ingusan. Anak kemaren sore. Apa yang kamu takutkan. Dia bukan tandinganmu dalam meraih suara. Tenanglah,” ungkap Komar.
“Bukan masalah perolehan suara Om. Kalau masalah suara, saya sudah yakin bakal mendapatkannya. Om sudah mengajarkan bagaimana cara membeli suara.”
“Terus apa yang kamu risaukan,” potong Komar.
“Yosi kesal karena baliho itu berada di bawah baliho kita Om. Aku kan malu. Apa Om nggak perhatikan kalau foto Yosi ini sedang pakai rok dan Yosi lupa pakai daleman saat dulu difoto.”
Wajah Yosi memerah.
Om Komar terdiam. Ia tak tahu harus berbuat apa. Angin mulai berhembus kencang. Hujan mulai merintik.
Tanpa disadari, percakapan Yosi dan Om Komar itu tengah didengar Maksuni, caleg dari Partai Kuda Lumping Juragan Gabah (PKL Juga). Baliho Maksuni yang jaraknya setombak dari Baliho Yosi itu bergoyang-goyang. Wajah maksuni berubah tersenyum.
“Hei, ngapain kamu senyum-senyum!” teriak Komar pada Maksuni.
“Emang saya nggak boleh tersenyum. Hak saya dong mau senyum atau cemberut.”
“Ngeledek ya!” balas Yosi.
“Nggak… aku cuma ngebayangin….”
“Kurang ajar… pasti kamu juga ngebayangin yang nggak-nggak tentang aku ya…!” potong Yosi cepat.
Maksuni tertawa terbahak-bahak.
Dulunya Maksuni separtai dengan Yosi. Ia juga pernah menjalin asmara dengan Yosi. Tapi sejak Yosi menikah dengan anak Om Komar yang merupakan petinggi partai, Maksuni langsung pilih pindah partai.
“Alah…. aku sudah tahu koq.”
“Dasar politisi bejat!” teriak Yosi.
“Bejatnya kan bareng kamu! hahahaha…” tawa Maksuni makin nyaring.
Wajah Komar makin merah padam. Amarahnya memuncak. Angin malam makin tak karuan.
Komar ingin juga ikut mendamprat Maksuni. Tapi itu diurungkannya. Sebagai mantan anak buahnya, Maksuni mengantongi rahasia pribadinya. Saat masih di partai, Maksuni pernah memergoki Om Komar bercumbu dengan ibunda Yosi yang merupakan artis dangdut. Komar akhirnya memilih diam. Sementara pertengkaran mulut antara Yosi dan Maksuni makin seru.
Keduanya saling hina.
Keduanya saling ledek.
Keduanya saling damprat.
Keduanya saling hujat.
Keduanya membuka aibnya masing-masing.
Pertengkaran kedua caleg ini mendapat perhatian dari para caleg yang sedang nampang di gerbang perumahan ini.
Ada yang balihonya bergoyang-goyang ditiup angin seakan mengompori Yosi dan Maksuni agar terus ribut.
Ada yang balihonya nyungsep diterjang angin seakan meledek kedua calon senator yang sedang adu mulut.
“Kalau cintamu aku tolak, tak usahlah kau cari perhatian begitu!” teriak Yosi.
“Cinta…. hahaha… aku tak pernah menaruh cinta padamu Yosi. Mana ada cinta di tangan seorang politisi seperti aku. Di mata politisi hanya ada hasrat dan perselingkuhan… hahaha…” tubuh Maksuni yang tambun berguncang.
Wajah Yosi merah padam.
Wajah Komar pasi.
Wajah Maksuni ceria di atas angin.
Wajah caleg muda yang ada di bawah baliho Yosi tetap dingin.
Angin makin kencang memompa pertarungan antara Yosi dan Maksuni. Pertarungan tak lagi hanya adu mulut. Baliho keduanya semakin bergoyang ke kiri dan kanan.
Baliho Yosi mendamprat Baliho Maksuni.
Baliho Maksuni mendamprat baliho Yosi.
Baliho caleg lainnya ikut bergoyang kencang.
Hingga menjelang subuh, pertarungan baliho berlangsung. Pertarungan itu baru bisa terhenti, saat angin puting menghantam seluruh baliho. Dalam beberapa jenak, seluruh baliho ambruk di atas tanah.
Pagi harinya, warga komplek bersikap tak peduli saat menyaksikan baliho para caleg itu ambruk dan saling tumpuk.

****

Begitulah cerita dari kawanku tentang baliho para caleg yang bercakap-cakap di malam hari. Percayakah Anda? (*)

Banten, Februari 2009.

Iklan

35 Tanggapan to “Baliho”

  1. ulan Februari 6, 2009 pada 5:19 am #

    hahahahhahaha… baliho bisa berantem juga ya om..

    • Anonim Juli 13, 2009 pada 3:39 am #

      berantemnya d kasur hotel x…..

  2. Retie Februari 6, 2009 pada 2:32 pm #

    hahaha bisa aja nich,om serem donk kalo baliho pada berantem

  3. Daniel Mahendra Februari 7, 2009 pada 8:03 pm #

    Waduh! Jangan-jangan baliho-baliho itu saling tukar partai di malam hari. Bisa jadi keesokan paginya malah pindah partai. Karena masing-masing dari mereka saling adu persuasif. He-he-he.

  4. zhenki Februari 8, 2009 pada 4:42 pm #

    stop fighting….!!!hehehehehe…..salam kenal….

  5. wi3nd Februari 9, 2009 pada 4:43 am #

    kyahahaahaa…

    seru ju9a yakh kan9?

  6. kucingkeren Februari 10, 2009 pada 4:54 am #

    baliho aja bis aberantem… gmn calegnya??

  7. siwi Februari 10, 2009 pada 8:07 am #

    Huahaha..
    aya2 wae sih kang 😛

  8. INDAH REPHI Februari 24, 2009 pada 11:27 am #

    huahahaha.. ga percayaaaaa weee’ 😀

  9. emfajar Februari 26, 2009 pada 7:29 am #

    hahahaha jangan2 di dunia nyata juga begini kejadiannya..

  10. latree Maret 3, 2009 pada 12:51 pm #

    wew. itu baru balihonya….

  11. genthokelir Maret 9, 2009 pada 4:37 pm #

    hahaha jadi hidup yang aneh hahaha tontonan yang keren jika baliho berantem hahaha kiasan anda emang keren kang salut

  12. ok Maret 16, 2009 pada 6:00 am #

    lama ga mampir mas…pa kabar?
    pasti si caleg muda itu, diem aja karna lagi nikmati mimpinya dibawah baliho mbak yosi wakakakak…

  13. Ria Maret 27, 2009 pada 3:18 pm #

    wakakakaka…kalau malem mereka ngadain upacara pagi menyambut mentari gak ya? atau sekalian kang mereka bakalan perang di malam hari…hehehehhehe

    😀

  14. genthokelir Maret 29, 2009 pada 9:03 am #

    rung update maneh mas

  15. Sekolah Pramugari April 2, 2009 pada 7:50 am #

    Selamat Sore…
    Salam Kenal dari Balikpapan…
    berkenan tukaran link..? 🙂
    Terima KAsih….

  16. nana April 14, 2009 pada 3:37 pm #

    hehehe..lutcuu…
    mosok sih ada kayak gitu

  17. dadank Mei 19, 2009 pada 11:37 am #

    lucu euy

  18. afwan auliyar Juni 1, 2009 pada 5:34 am #

    Emm… ternyata baliho pencerminan dr sang caleg 🙂

  19. Hendra Juni 22, 2009 pada 5:35 am #

    kayak Wayang Kulit aja… pas lagi pagelaran berdiri sesuai permainan sang dalang, kalo udah beres atau dalangnya kebelet pipis, ya wayang-wayangnya ditumpuk deh didalem peti..

  20. bluethunderheart Juli 5, 2009 pada 2:49 pm #

    selamat malam sahabat

    wah blue tersenyum dech setelah membaca postingan ini
    salam hangat selalu

  21. ivan nur rocman Juli 13, 2009 pada 3:49 am #

    NGRES NING APIK…………

    g usah mikir CaLeg!!!!!!!!!!!!! orang dia jg g mkr kT aj kUq…..
    mo brantem kek, berinteraksi kek, atw bercinta skalian pun… toh kt juga g ngrasain enaknya kan?
    tp lOk skaLi mreka bermasalah, pZti kT kena imbasnya.

  22. JOHNRI November 23, 2009 pada 3:28 pm #

    LADIES SMS ME 081372581479

  23. Tempat Belanja Termurah dan Terpercaya Juli 9, 2010 pada 11:17 am #

    Blogwalking dulu ah..Salam kenal

    http://www.anekakita.com
    Toko Pakaian dan Aksesoris Online : OBRAL dompet kulit, tas & jaket

  24. investasi emas Juli 30, 2010 pada 2:08 pm #

    percaya gak percaya seh,..krna lom liat aslinya,..

  25. Lady Fem Februari 16, 2011 pada 9:30 am #

    Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

  26. edda Februari 23, 2011 pada 4:41 pm #

    hihihihi,, ga aja deh :mrgreen:

  27. penginapan di jakarta Februari 24, 2011 pada 9:05 am #

    mampir nich dari jakarta selatan…
    saya suka blog anda. also visit jasa pengamanan

  28. Rumah September 29, 2011 pada 7:32 am #

    baliho oh baliho ..

  29. Dokter Anak Oktober 26, 2011 pada 9:27 am #

    salam kenal….

  30. Kontraktor Desember 7, 2011 pada 6:50 am #

    hahahaha, cuma bs ketawa aja deh dari sini…

    salam kenal..

  31. zasseka Juni 16, 2012 pada 4:44 pm #

    ahhahahhahha.. mas mas….
    selalu aja kreatif dari dulu yah…

    (maaf baru coba kembali nulis)

  32. Tozca Leather Februari 13, 2014 pada 5:13 pm #

    baca certintanya panjang banget mantap wkwkwkwkwkw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: