Sekolah di Serang Belum Download BSE

6 Agu

 Sekolah-sekolah di Kota Serang belum sepenuhnya menerapkan program Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang diterapkan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Hanya sebagian kecil sekolah yang telah mengunduh (download) buku gratis tersebut lewat internet. “Kita sudah mensosialisasikan ke sekolah. Tapi belum semuanya bisa menerapkan,” terang Akhmad Zubaidillah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Serang, Selasa (5/8).

Dikatakan, belum diterapkannya program ini karena memang belum ada petunjuk teknis tentang hal tersebut dari Depdiknas. “Kita belum tahu buku apa saja yang bisa didownload dan situsnya apa,” ujarnya.

Selain masalah teknis, kata Zubaidillah, sarana untuk download juga belum dimiliki semua sekolah. Dikatakan, sebagian sekolah di Kecamatan Serang, seperti SMAN 1 Serang, SMAN 2 Serang, SMKN 1 Serang, SMKN 2 Serang, SMPN 1 Serang, SMPN 13 Serang, sudah memiliki prasarana untuk mengunduhnya. “Sementara sekolah-sekolah lainnya, terutama di tingkat SD belum punya. Ini bisa disiasati dengan sharing antara sekolah. Misalnya, satu sekolah download terus dibagi ke sekolah lainnya,” ujarnya.

Zubaidillah berharap, ada pihak lain yang bisa memberi kemudahan bagi sekolah untuk download buku lewat internet. “Syukur kalau ada yang bisa memfasilitasi penyediaan internet di sekolah,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Adek Chandra, Wakil Kepala SMPN 1 Serang mengaku sudah mulai menerapkan BSE di sekolahnya. Kendati demikian, Adek mengaku belum semua judul buku yang dibutuhkannya dapat ditemukan. “Baru ada sebagian saja,” tutur Adek.

Untuk saat ini, Adek mengatakan, hanya guru-guru SMPN 1 Serang saja yang diperbolehkan untuk mengunduh BSE. “Menurut saya program ini sangat bagus, di tengah mahalnya harga buku. Tapi, tetap saja sosialisasinya harus jelas,” tandasnya.

Sementara itu, Asep Tatang, Humas SMKN 1 Serang mengaku, sekolahnya sudah menerapkan BSE. Walaupun baru sosialisasi, Asep mengaku SMKN 1 Serang sudah mendapatkan beberapa buku yang dicari. “Tidak hanya guru. Siswa-siswa juga diperbolehkan untuk mengakses BSE. Sekolah hanya memberikan fasilitas,” ujarnya.

Diketahui, Depdiknas telah membeli hak cipta 49 judul buku pelajaran dari jenjang SD hingga SMA/SMK.  Buku-buku tersebut dapat didownload secara gratis di http://www.bse.depdiknas.go.id. (qizink/mg-inna)

2 Tanggapan to “Sekolah di Serang Belum Download BSE”

  1. aguss Agustus 6, 2008 pada 4:10 am #

    Menurut saya sebaiknya memang sekolah yang tidak mempunyai fasilitas untuk download bisa meng-copy eBook nya ke sekolah lain yang mempunyai fasilitas tersebut.
    Klo siswanya bisa aja download di WarNet.

  2. Sawali Tuhusetya Agustus 6, 2008 pada 10:29 am #

    server bse memang sering down saking banyaknya penyerbu, mas qizink. utk dapat bse itu, kalau saya sih mending pesen aja. banyak web atau blog yang menyediakan. mas qizink mungkin bisa memberitahukannya ke sekolah2 di serang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: