Hari Kemerdekaan

31 Jul

hari kemerdekaan adalah pesta para pedagang bendera yang seenaknya berjualan di tepi jalan, memakan hak publik.

hari kemerdekaan adalah waktu untuk menjemur generasi di tanah lapang, agar mereka siap mengibarkan bendera.

hari kemerdekaan adalah saat warga komplek bersuka cita di malam agustusan sambil bergoyang dengan irama organ dangdut murahan.

hari kemerdekaan adalah saat para pejabat bersandiwara menabur bunga dengan mata berkaca di atas pusara pahlawan.

hari kemerdekaan adalah saat mendengarkan pidato panjang pemimpin negeri, yang sungguh amat menjemukan.

hari kemerdekaan adalah mengalunkan lagu-lagu perjuangan dari CD bajakan.

hari kemerdekaan adalah saat anak-anak dikenalkan dengan budaya daerah yang sudah lama hilang di bangku sekolah.

hari kemerdekaan adalah mengenang dua lelaki yang telah mengatasnamakan rakyat membaca teks proklamasi.

hari kemerdekaan adalah seremoni. selebihnya… terserah anda.

 

Banten, menjelang Agustus 2008

31 Tanggapan to “Hari Kemerdekaan”

  1. taliguci Juli 31, 2008 pada 1:35 pm #

    hari kemerdekaan adalah saat warga sibuk rapat untuk bikin lomba-lomba

  2. Laporan Juli 31, 2008 pada 2:48 pm #

    “hari kemerdekaan adalah saat para pejabat bersandiwara menabur bunga dengan mata berkaca di atas pusara pahlawan”
    ————————————————–
    Tradisi yang membuat bosan

  3. Yari NK Agustus 1, 2008 pada 7:27 am #

    Saya jadi ingat kasus Hongkong sewaktu masih dijajah Inggris. Rakyat Hongkong waktu itu justru menolak untuk merdeka dan dikembalikan ke China, karena takut kemakmuran, kemajuan dan KEBEBASAN mereka malah terbelenggu. Kebebasan?? Yaa… orang Hongkong (waktu itu) justru merasa lebih bebas di bawah kekuasaan Inggris sang ‘penjajah’! Agak aneh bukan?? Hongkong di bawah Inggris masih jauh lebih bebas dibandingkan Indonesia di zaman orde baru !!

    Dan… yang terpenting sewaktu Hongkong masih dijajah Inggris juga, derajad Hongkong sewaktu di bawah Inggris, derajadnya tidak lebih rendah dari negara2 yang merdeka di mata dunia. Bahkan mungkin derajad mereka dulu lebih tinggi dibandingkan derajad kita di mata dunia.

    Menurut saya pribadi, kemerdekaan bagi saya adalah tidak peduli saya diperintahkan oleh orang berkulit sawo matang ataupun kulit putih. Yang penting adalah persamaan hak, kebebasan yang sama dan pemerintahan dipilih secara demokratis…..🙂

  4. wi3nd Agustus 1, 2008 pada 7:54 am #

    setiap hari kemerdekaan yg jatuh tgl 17 agustus,daku selalu kangen pada masa dulu,dimana semuana sibuk berhias,juga ada banyak lomba,dan daku selalu ikut serta termasuk manggung buat nari,tapi kemeriahan ituh sekarang nda ada lagi,di sinih dtempatQ skrg sudah sepi tak lagi bergeliat menyambutnya..aaahh kmanakah smangaad mrekaa..??

  5. Elys Welt Agustus 1, 2008 pada 8:15 am #

    hari kemerdekaan adalah saatnya nonton acara2 kesenian sambil makan2 di kedubes😀

  6. hanggadamai Agustus 1, 2008 pada 9:06 am #

    benarkah kita merdeka??

  7. Sawali Tuhusetya Agustus 1, 2008 pada 9:55 am #

    wah, lirik2nya tajam banget, mas qizink. menggambarkan situasi dan fenomena sosial yang jelas terpampang di depan mata kita. menarik juga ketika menyaksikan banyaknya pejabat yang tiba2 menjadi pencinta puisi dan suka mengumbar pidato bersemangatkan nasionalisme utk menyembunyikan borok2nya, haks😦

  8. kniapril Agustus 1, 2008 pada 10:02 am #

    Makin nambah usia kemerdekaan, sepertinya makin banyak rakyat yg gak merdeka2. Aneh ya?
    Tapi kita harus tetap optimis!

  9. wku Agustus 1, 2008 pada 10:08 am #

    we lha… udah mo tujuhbelasan lagi rupanya?

  10. Ly Agustus 1, 2008 pada 11:01 am #

    hari kemerdekaan…
    waktunya berleyeh² di tempat tidur heuhuheuhe secara long weekend bo! 3 hari😛

  11. Nin Agustus 1, 2008 pada 1:53 pm #

    Menohok sekali Pak ungkapan hatinya…
    Itu semua yang saya rasakan selama ini, tapi tak bisa menuangkannya dalam tulisan…
    Hari kemerdekaan adalah perayaan-perayaan yang kalau saja pahlawan itu bisa melihatnya akan menyesakkan dada mereka.
    Perjuangan dengan darahnya diperingati dengan tarian anak-anak kecil berirama kucing garong….

  12. nenyok Agustus 1, 2008 pada 7:40 pm #

    salam
    Hmm merdeka dari apa yak??? *bingung*

  13. qizinklaziva Agustus 2, 2008 pada 1:57 am #

    @ taliguci
    tahun ini aku tak lagi ikut jadi panitia.. hahaha…

    @ Laporan
    apa pun yang hanya menjadi rutinitas, akan selalu membosankan…

    @ Yari NK
    Setuju mas Yari… tapi substansi kemerdekaan itu semestinya membawa masyarakat menuju kesejahteraan!

    @ wi3nd
    ya… kamu dong yang bikin semangat orang2 laen… hehehe

    @ Elys Welt
    Wihhh… seru banget tuh!

    @ hanggadamai
    kita sudah merdeka… begitulah para sejarahwan mengatakan!

    @ Sawali Tuhusetya
    liriknya tajam??? mohon maaf kalo ada yang sampai tertusuk…!!
    Aku hanya sedang gelisah…!

    @ kniapril
    Ya… kita hanya bisa optimis sambil berharap cemas…!

    @ wku 😀 *lihat kalender*

    @ Ly
    kamu enak bisa liburan…
    sementara aku, tetep kudu gawe….!!

    @ Nin
    Pahlawan kita sudah lama dikhianati… setiap hari kemerdekaan tiba…😀

    @ nenyok
    nggak usah bingung… minimal kamu sudah merdeka untuk menuliskan kebingunganmu dalam kommentar ini
    hehehe

  14. Achmad Sholeh Agustus 2, 2008 pada 2:58 am #

    Hari kemerdekaan adalah saatnya kita ber instospeksi diri…. salam

  15. Yari NK Agustus 2, 2008 pada 4:47 am #

    Lha… pak…. Hongkong zaman Inggris dulu juga lebih sejahtera dari kita yang udah merdeka ini lho… hehehe…:mrgreen:

  16. ss.melih Agustus 2, 2008 pada 9:40 am #

    wah…wah…wah…mulai keliling kampoeng nih
    maklum buat nyari sumbangan
    sebelomnya salam kenal,,,,,,,,(^o^)”)

  17. Denny Eko Prasetyo Agustus 2, 2008 pada 3:33 pm #

    hari dimana bendera dikibarkan lagi setelah setahun terlipat di lemari😀

  18. pipiew Agustus 2, 2008 pada 6:47 pm #

    Kek puisi “Bangkit”-nya Dedi Mizwar, dalem, hehe..
    eh, ada satu tambahan lagi ni :

    Hari Kemerdekaan adalah hari dimana gapura setiap gang dihias sedemikian rupa indahnya..😀

    @Pak Yari
    kita minta jajah Inggris aja yook:mrgreen:

  19. fenny Agustus 3, 2008 pada 4:05 am #

    kita belum merdeka kok…. belum merdeka dari sistem pemerintahan negri ini… hueuheuhe…
    ah, memang 3,5 abad itu waktu yang cukup efisien untuk membodohi bangsa ini sampe turun temurun. coba dulu dijajah inggris…. pendidikan nomer satu euy!

  20. zoel chaniago Agustus 3, 2008 pada 5:11 am #

    merdeka sekali merdeka tetap merdeka

  21. mysepty Agustus 3, 2008 pada 6:45 am #

    hari kemerdekaan adalah saat lomba makan kerupuk.
    he… ga tau yah, ingetku cuman lomba-lomba dan iklan tipi yg mengharu biru. trus begitu 1 sept, lupa deh…

  22. khofia Agustus 3, 2008 pada 6:49 am #

    hari kemerdekaan adalah hari2 dimana warga indon mengadakan perlombaan dan kemeriahan, tanpa sadar bahwa mereka masih dijajah sama kemiskinan, kebodohan dan kejahatan…

  23. afwan auliyar Agustus 3, 2008 pada 7:06 am #

    kapan yak indonesia ini menampakkan taringnya ?!!?

    ayo dunks…blogger ikutan menuju indonesia maju

  24. taufik Agustus 3, 2008 pada 11:08 am #

    hari kemerdekaan adalah hari dimana kita seharusnya sadar dan bangkit dari mimpi-mimpi palsu..

  25. tomy Agustus 4, 2008 pada 8:23 am #

    Semoga dengan penuh kesadaran, kecerdasan, kejujuran dan semangat memperbaiki karut marut negeri ini, MERDEKA

  26. Fadhly Agustus 8, 2008 pada 5:19 am #

    Kermerdekaan adalah mendapatkan hak dan kewajiban secara adil. Kemerdekaan adalah mendapatkan keadilan sesuai dengan porsinya bukan memakai prinsip bagi sama rata.

  27. wolu Agustus 8, 2008 pada 5:00 pm #

    kemerdekaan = kebebasan
    bebas dari kemiskinan
    bebas dari kebodohan
    bebas dari korupsi
    bebas dari hal yang di benci
    apa itu mungkin?

  28. pPh?? Agustus 15, 2008 pada 5:10 pm #

    walaupun itu semua benar,
    namun bisa kita rasakan kita lebih bebas/merdeka dari kemarin.!

  29. Roess Agustus 19, 2008 pada 4:58 am #

    Hari Kemerdekaan adalah saat mendengarkan Lagu2 Gombloh (Alm).. MERAH DARAHKU PUTIH TULANGKU..

    Sekali M E R D E K A Tetap M E R D E K A!

  30. puput Agustus 19, 2008 pada 8:57 am #

    merdeka….!!!
    itu yang kita serukan seriap tgl 17 agustus, tapi apakah kita sudah sepenuhnya merdeka????
    itu yang patut kita tanyakan. tapi pada siapa? itu masalah kita…

    tapi teteplah kita merdeka. sebagai warga negara kita tetep patut bangga atas apa yang kita capai sekarang..

    hidup merdeka….

  31. puput Agustus 19, 2008 pada 9:01 am #

    merdeka….!!!
    itu yang kita serukan setiap tgl 17 agustus, tapi apakah kita sudah sepenuhnya merdeka????
    itu yang patut kita tanyakan. tapi pada siapa? itu masalah kita…

    tapi teteplah kita merdeka. sebagai warga negara kita tetep patut bangga atas apa yang kita capai sekarang..

    hidup merdeka….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: