Daya Tampung SMA Negeri Hanya 65%

5 Jul

Sejumlah sekolah SMA Negeri di Kota Serang belum bisa menampung seluruh calon siswa baru pada tahun ajaran 2008/2009. Dengan 5 SMAN dan satu SMAN persiapan, para pendaftar yang bisa ditampung baru sekitar 65,16 persen.

Akhmad Zubaidillah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Serang, menyebutkan, pada tahun ini jumlah pelajar yang mendaftar ke SMAN di Kota Serang mencapai 2.632 orang. “Sementara daya tampung hanya 1.715 orang. Persentasenya hanya 65.16 persen,” terangnya, Jumat (4/7).

Zubaidillah menambahkan, daya tampung lebih kecil terlihat untuk calon siswa kejuruan atau di SMK Negeri yang hanya mencapai 55,22 persen. Saat ini pendaftar SMKN sebanyak 2.943. Sementara daya tampung hanya 1.625 orang. “Saat ini Kota Serang baru memiliki 4 SMKN ditambah satu SMKN persiapan,” ujarnya.

Zubaidillah menambahkan, penerimaan siswa baru ini akan diumumkan serentak di seluruh sekolah negeri hari ini (Sabtu, 5/7). Disebutkan, pada PSB kali ini tidak hanya mengacu pada hasil ujian nasional (UN) tapi juga berdasarkan hasil seleksi. “Bukannya tak percaya kepada  hasil UN, tapi kita menginginkan agar lebih berkompetisi dan menjaring siswa berkualitas maka PSB juga melalui seleksi. Ujian PSB ini dilakukan masing-masing sekolah,” terangnya.

Pada PSB kali ini, Zubaidillah juga mengimbau, siswa yang diterima di SMAN segera mengurus administrasinya di sekolah. Sementara bagi siswa yang tidak lulus, kata Zubaidillah, tak perlu berkecil hati. “Pendidikan pada dasarnya sama, baik negeri maupun swasta,” ungkapnya.

Sementara itu, Hafidzi, Sekretaris Dindikpora Kota Serang pada saat melaporkan keberhasilan SMKN 2 Serang pada Lomba Keterampilan Siswa (LKS) tingkat nasional di Pemkot Serang menyebutkan, mulai tahun ini Kota Serang akan lebih fokus untuk meningkatkan jumlah sekolah kejuruan dibanding SMA hingga mencapai perbandingan 70:30. “Ini agar siswa yang tak melanjutkan kuliah sudah memiliki keterampilan dan keahlian,” ujarnya.

Di tempat berbeda sejumlah orangtua calon siswa mengutarakan, hasil seleksi harus benar-benar fair. “Hendaknya tidak ada titip-titipan,” ujar salah satu orangtua calon siswa yang anaknya ikut seleksi di SMKN 2 Serang.

Diakui orangtua calon siswa ini, pasrah saat pengumuman PSB hari ini. “Kalau diterima syukur, kalau tidak terpaksa harus ke swasta (sekolah swasta, red) meski mahal,” pungkasnya. (qizink)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: