Madsahi, Setia di Pulau Burung

13 Jun

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2008, mata Madsahi berkaca-kaca saat hendak mengungkapkan suka dukanya selama puluhan tahun bersetia menjaga Kawasan Cagar Alam Pulau Burung (pemerintah menyebutnya Pulau Dua), di Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (12/6). Lidahnya serasa kelu, hingga kalimat yang keluar dari mulutnya nyaris kalah oleh suara kicau burung di kawasan tersebut.

Para pejabat Pemkot Serang, termasuk di dalamnya Penjabat Walikota Serang terpaku memandangi pria bertubuh mungil tersebut. Samar-samar, dari mulut Madsahi meluncur kepercayaan dirinya mengabdi menjadi penjaga Pulau Burung. “Saya bangga karena saya ikut menjaga lingkungan,” ujarnya.

Pada awal tahun 70-an, pria berkulit hitam legam tersebut berkenalan dengan kawasan cagar alam ini. Sejak 1979, pria asal Pandeglang ini resmi menjadi relawan penjaga Pulau Burung. Ia setia menjaga kelestarian alam ini. Bahkan sesekali, ia harus berjibaku dengan orang-orang tak bertanggungjawab yang hendak mencuri telur atau anakan burung di kawasan ini.

Pada 1981, ia baru diterima menjadi pegawai harian dengan penghasilan yang pas-pasan. Namun pendapatan ekonomi itu, tak menyurutkan dirinya untuk terus bergelut untuk menjaga kawasan seluas 30 hektar ini. Ia tetap bersedia, mengusir para pengganggu burung-burung sambil menanami mangrove di pinggir pantai pulau yang kini sudah bersatu dengan garis Pulau Jawa ini.

Kegigihan Madsahi menjaga Pulau Burung mendapat perhatian. Pemerintah pusat menganugerahi dirinya Kalpataru atas kesetiannya menjaga lingkungan pada 1983. Penghargaan tersebut menghantarkan dirinya menjadi pegawai negeri.

Hingga kini, Madsahi tetap bersetia rela tubuhnya digigiti nyamuk-nyamuk Pulau Burung. Setiap pagi, dengan sepeda tuanya menyusuri petak-petak tambak untuk menuju Pulau Burung. (qizink)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: