Penjabat Walikota Tak Punya Hak Pilih

30 Mei

Penjabat Walikota Serang Asmudji HW dipastikan tak akan mencoblos pada pilkada Kota Serang, Agustus mendatang. Asmudji tak akan memilih calon walikota/wakil walikota Serang bukan karena tak punya pilihan, tapi karena tak punya hak pilih. “Supaya masyarakat tak bertanya-tanya kenapa saya tak memilih, saya harus informasikan bahwa saya tak punya hak pilih karena bukan warga Kota Serang. Di KTP saya masih tercatat sebagai warga Kabupaten Pandeglang,” terang Asmudji, di Pemkot Serang, Kamis (28/5).

Pria yang sementara tinggal di rumah dinas di kawasan Ciceri, Kota Serang ini mengaku, dirinya memang sempat didatangi petugas pendataan pemilih. Pada saat itu, dirinya langsung menolak untuk didata dengan menyebutkan dirinya tak tercatat sebagai warga Kota Serang. “Kalau sampai tercatat, ini akan melanggar aturan. Karena yang berhak menggunakan hak pilih, harus warga Kota Serang,” ujarnya.

Walau tak memiliki hak pilih, sebagai kepala daerah pemekaran, Asmudji menegaskan, agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya. Dikatakan, Pemkot Serang telah berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menyukseskan pilkada Kota Serang dengan cara berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya. “Rata-rata pelaksanaan pilkada di daerah-daerah hanya berkisar 65 persen dari total pemilih. Saya berharap, pada pilkada Kota Serang minimal bisa mencapai 90 persen,” ujarnya.

Pada sisi lain, Asmudji menegaskan, pelaksanaan pilkada Kota Serang yang jatuh pada Sabtu (30 Agustus) nanti akan ditetapkan sebagai hari yang diliburkan. “Karena dalam aturan, pelaksanaan pilkada memang harus pada hari libur atau yang diliburkan,” ujarnya.

Diinformasikan, jumlah pemilih tetap pada pilkada Kota Serang tercatat sebanyak 338.998 orang.

Para pemilih tetap itu berasal dari Kecamatan Serang sebanyak 123.844, Kasemen 52.198, Walantaka 45.384, Curug 30.207, Cipocok Jaya 42.974, dan Taktakan 44.391. Sementara pemilih berjenis kelamin laki-laki sebanyak 172.192 dan perempuan 166.806. (qizink/ila)

 

Iklan

Satu Tanggapan to “Penjabat Walikota Tak Punya Hak Pilih”

  1. puang Mei 31, 2008 pada 8:22 am #

    salam kenal dari bandung

    @ puang
    salam kenal kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: