KPU Serang Terima Calon Perseorangan

15 Mei

SERANG – Akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Serang membuka pendaftaran bagi bakal calon walikota/wakil walikota dari jalur perseorangan (calon independen). Kepastian ini setelah KPU menerima peraturan KPU No 15/2008 yang mengatur tentang pencalonan pasangan calon kepala daerah dan ada jaminan anggaran penyelenggaraan dari Pemkot Serang.

Ketua Pokja Pencalonan KPU Serang Aslach, Rabu (15/5) mengatakan, sudah bertemu dengan Penjabat Walikota Asmudji HW yang memastikan menyediakan anggaran bila calon perseorangan diakomodasi. “Selain itu, Peraturan KPU No 15/2008 tanggal 13 Mei 2008 juga mengisyaratkan penerimaan calon perseorangan,” tandasnya.

Sebelum mengambil keputusan ini, KPU Serang harus menggelar rapat selama 4,5 jam, mulai pukul 10.30-15.00, kemarin. Rapat dihadiri oleh dua anggota KPU Banten M Wahyuni Nafis dan Indra Abidin. Asda I Pemkot Serang Kosasih juga tampak hadir meski tidak sepenuhnya mengikuti rapat.

Rapat sempat diskors sementara untuk salat dzuhur. Setelah itu langsung dilanjutkan hingga pukul 15.00 WIB. Dalam rapat sempat  alot membahas kemungkinan calon perseorangan diakomodasi atau tidak, karena masing-masing peserta rapat punya argumen sendiri-sendiri. Baru sekira pukul 15.00 WIB, satu per satu peserta rapat keluar ruangan dengan wajah kelihatan tampak lelah.

Usai rapat, KPU Serang sempat mengundang wartawan datang ke Kantor KPU Serang untuk jumpa pers sekira pukul 16.00 WIB. Namun hingga pukul 18.00 WIB, jumpa pers gagal dilaksanakan, karena saat itu belum ada kepastian calon perseorangan diakomodasi. “Kita masih menunggu kepastian dari pemkot untuk anggarannya,” ujar Ketua KPU Serang Omo Sukatma sekira pukul 17.00 WIB. Saat itu, suasana KPU agak tegang, karena semua wartawan sudah menunggu sementara KPU Serang belum memberikan kepastian. “Mohon sabar ya. Sebab perlu ada kepastian dari pemkot. Sebab kalau kita buka calon perseorangan sementara anggaran tidak tersedia yang repot nanti kita,” lanjut Omo.

Sampai pukul 18.00 WIB belum ada kepastian, akhirnya para wartawan pulang dengan nada kesal. Tidak lama kemudian sekira pukul 18.15 WIB ada kabar KPU sudah mendapat kepastian dari pemkot, setelah Ketua Pokja Pencalonan Aslach bertemu langsung dengan Penjabat Walikota Asmudji. “Ya, kita mengakomdasi calon perseorangan,” kata Aslach melalui telepon seluler.

Aslach mengatakan, pengambilan formulir pendaftaran calon perseorangan dimulai hari ini (Kamis, 15/5) hingga 17 Mei bertempat di Kantor KPU Serang di Jalan Ki Tapa, Cilame, Serang. “Formulir hanya dapat diambil oleh yang bersangkutan, tidak dapat diwakilkan,” ujarnya.

Aslach mengutarakan, dalam Peraturan KPU No 15/2008 disebutkan bahwa dukungan calon perseorangan sesuai dengan jumlah penduduk. Untuk Kota Serang, sambung Aslach, dukungan yang harus dikumpulkan sebanyak 4 persen. “Bentuk dukungan harus dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP). Dukungan per desa harus dilampiri dengan materai dan bukti KTP,”  ujarnya.

Terkait tahapan Pilkada yang menyebutkan hari ini (Kamis, 15/5) adalah hari terakhir pendaftaran bakal calon walikota/wakil walikota, Aslach mengatakan, akan ada penyesuaian. “Harus ada penyesuaian,” pungkasnya.

Dengan dibukanya calon perseorangan ini, maka kemungkinan pasangan bakal calon walikota/wakil walikota akan bertambah banyak. Saat ini, sudah ada beberapa pasangan bakal calon walikota/wakil walikota yang diusung parpol/gabungan parpol. (alt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: