Parpol Respons Calon Perseorangan

7 Mei

 

SERANG-Kalangan pengurus partai politik (parpol) memberikan respons positif dengan munculnya wacana calon perseorangan dalam Pilkada Kota Serang. Namun demikian, ada juga pengurus parpol yang meminta agar munculnya wacana calon perseorangan tidak mengganggu tahapan Pilkada.

Sekretaris DPD PAN Kota Serang Thoyib Fanani menegaskan, penerapan calon perseorangan bisa diterima sepanjang tidak mengganggu tahapan Pilkada yang sudah ditetapkan. “Sepanjang waktu masih bisa, silakan saja diakomodasi,” jelas Thoyib saat dihubungi lewat telepon ganggam, Selasa (6/5).

Kendati demikian, Thoyib menegaskan, penerapan calon perseorangan di Kota Serang jangan terlalu dipaksakan. Thoyib mengatakan, saat ini tahapan Pilkada sudah berjalan sehingga jangan diganggu oleh munculnya calon perseorangan. “Kalau dipaksakan malah bisa menyulut konflik. Saat ini KPU Serang sudah cukup realistis dalam menyikapi masalah calon perseorangan,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPC PDIP Kota Serang Bambang Janoko juga menegaskan hal serupa. Menurutnya, selama calon perseorangan tidak mengganggu jadwal dan telah ada aturan berupa petunjuk pelaksana  dan petunjuk teknis, tidak masalah diakomodasi. “Kalau sudah ada aturannya, sah-sah saja diakomodasi,” ungkapnya.

Di pihak lain, Asda bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Serang Kosasih menegaskan pada prinsipnya Pemkot tidak alergi dengan calon perseorangan. Namun demikian, keputusan diakomodasi tidaknya calon perseorangan tetap diputuskan oleh KPU. “Dalam waktu dekat akan dibahas di tingkat Muspida Kota Serang,” ujar Kosasih.

 

* BUTUH 20.140 DUKUNGAN

 

Bila benar-benar calon perseorangan diakomodasi dalam Pilkada, maka bakal calon walikota/wakil walikota dari unsur perseorangan harus mendapat dukungan 20.140 warga yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP). Bila tidak memenuhi persyaratan itu akan dinyatakan gugur.

Ketua Pokja Pencalonan KPU Serang Aslach mengatakan, dukungan 20.140 syarat mutlak berdasarkan UU No 32/2008 tentang Pemda hasil revisi terbatas. “Dalam Pasal 59 ayat 2b huruf c disebutkan bila jumlah penduduk lebih dari 500 orang- 1 juta, calon perseorangan harus didukung empat persen,” ujar Aslach saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/5).

Aslach membeberkan, empat persen dari jumlah penduduk Kota Serang saat ini 503.491 maka didapat angka 20.140. “Bukti dukungan juga harus dibuktikan dengan tanda tangan warga dan KTP,” tambahnya. (qizink/esl/alt)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: