Bangunan Bersejarah di Kota Serang Tak Terdata

6 Mei

 

Pemkot Serang hingga kini belum memiliki data tentang bangunan-bangunan bersejarah di pusat kota Serang. “Kita sudah meminta data tersebut ke dinas terkait di kabupaten induk, ternyata belum ada. Kita hanya dikasih data bangunan yang ada di kawasan Banten Lama,” terang Hendi Kuspiandi, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Kota Serang, di Pemkot Serang, Senin (5/5).

Hendi menyebutkan, pihaknya akan segera menginventarisasi bangunan bersejarah sebagai aset berharga bagi daerah. “Mungkin kita akan minta bantuan para ahli, seperti arkeolog untuk mendatanya,” ujarnya.

Mantan Kabag Humas Pemkab Serang ini menambahkan, keberadaan bangunan bersejarah sangat penting bagi sebuah daerah. Dikatakan, bangunan bersejarah tersebut bisa sebagai sumber pengetahuan dan menjadi kawasan wisata alternatif. “Di pusat Kota Serang saya lihat banyak bangunan-bangunan tua yang bisa saja menjadi kawasan wisata kota tua, seperti di Kaujon atau di Banten Girang,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil inventarisasi Radar Banten, di pusat kota Serang cukup banyak bangunan tua yang cukup memiliki nilai sejarah namun kondisinya kurang mendapat perhatian juga telah mengalami berbagai perombakan. Selain bangunan di Pemprov Banten dan Pemkab Serang, di sekitar Alun-alun Serang juga terdapat Masjid Kuno Kaujon dan Gedung Juang yang memiliki nilai sejarah. Bangunan Mapolres Serang (dulu bekas Osvia) dan bangunan Makorem Banten oleh sejumlah kalangan dinilai bersejarah. (qizink)

 

Satu Tanggapan to “Bangunan Bersejarah di Kota Serang Tak Terdata”

  1. Fahi November 1, 2008 pada 12:12 pm #

    Yah …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: