Penghubung Ayam Kampus

16 Apr

Hari ini aku dan temenku dapat tugas buat nulis tentang ‘ayam kampus’ di pusat Kota Serang. Emang bisnis esek-esek di lembaga pendidikan ini belum banyak disentil media lokal. Saya cukup tertarik buat mengangkatnya, bagaimana ayam kampus beraktivitas di daerah yang konon religius ini. Aku diberi waktu cukup panjang untuk mengumpulkan bahan ini.

Langkah pertama aku menghubungi mahasiswa yang kabarnya sebagai penghubung antara ayam kampus dengan ‘penikmatnya’. Dalam sekejap, mahasiswa itu bisa menjanjikan diriku bisa berkomunikasi dengan salah seorang pelaku. “Sore ini juga bisa,” begitu katanya.

Namun tentu saja, tak gratis untuk bicara dengan pelaku ayam kampus ini. Aku mengerti tentang itu. Aku sudah menyiapkan sedikit anggaran untuk sekedar uang jajan. Namun harga yang ditawarkan si penghubung ini cukup tinggi.

Penghubung itu bilang, untuk di-booking wawancara si pelaku minta uang bayaran Rp 300 ribu. Bayaran itu di luar untuk biaya makan atau sewa hotel (kalau wawancaranya mau di hotel). “Dia (pelaku-pen) bilang, mau wawancara atau ‘dipake’ sama saja tarifnya Rp 300 ribu,” tambah si penghubung.

Sialan… buat ngobrol aja aku kudu ngerogoh kocek segitu gedenya. Aku cari yang laen aja, begitu keputusanku!

Langkah selanjutnya aku diperkenalkan oleh seorang kawan dengan mahasiswa lainnya yang merangkap sebagai ‘bapak asuh ayam kampus’. ‘Germo intelek’ ini kabarnya punya banyak dagangan mahasiswi. “Germonya sekarang lagi bimbingan skripsi… nanti aku atur jadwal pertemuannya,” begitu rekanku kasih informasi. 

Busyettt…. keren juga nih… masih sempet-sempetnya dia mikirin skripsinya. Kawan wartawanku menjanjikan aku bisa bertemu tengah malam di sebuah kampus. “Deal… malam ini ditunggu di kampus.”

Siap!! data awal bakal aku korek dari “si mahasiswa penghubung” ini. Bagaimana hasil pertemuanku dengan si penghubung… tunggu aja tulisan selanjutnya…. sekarang aku mau ngopi dulu terus ngetik berita….!!! Kebetulan di depan kantor ada sales Kapal Api lagi promosi…. !! 😀

 

Tinggalkan Balasan

