PNS Kota Serang Khawatir Walikota Baru

15 Apr

Momen Pilkada Kota Serang untuk memilih walikota dan wakil walikota yang baru ternyata menimbulkan keresahan bagi sebagian pegawai negeri sipil (PNS). Kegelisahan ini di antaranya diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang Muhamad Benbela di sela-sela Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Serang di Hotel Le Dian, Senin (14/4).

Benbela menegaskan, PNS akan gelisah manakala muncul kepala daerah baru. Kekhawtiran PNS ini, kata Benbela, terkait dengan karir PNS. “Intervensi politik terhadap karir PNS itu sudah lumrah,” ujarnya.

Benbela berharap, kehadiran kepala daerah baru di Kota Serang bisa memberikan kenyamanan bagi PNS. Oleh karena itu Benbela berharap, DPRD Kota Serang membuat payung hukum kompetensi pegawai. “Payung hukum itu meliputi adanya perbedaan antara PNS berprestasi dan tidak berprestasi. Harus ada penghargaan bagi yang berprestasi dan sanksi bagi yang tidak berprestasi,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPRD Kota Serang Suryadi sepakat tentang adanya payung hukum untuk kompetensi pegawai di Pemkot Serang. “Memang sekarang belum ada kompetensi jabatan sebagai acuan dalam penempatan pegawai. Makanya saya setuju agar ada payung hukum untuk penempatan pegawai berdasarkan kompetensi,” ujarnya.

Menanggapi kekhawatiran pegawai, Suryadi menegaskan, tak perlu khawatir selama berpegang pada netralitas. “Netralitas PNS perlu dijaga,” ungkapnya.

Suryadi menambahkan, ada batasan tentang jabatan kepala daerah. “Kepala daerah itu sebagai jabatan politik, sementara untuk pemerintahan ada di tangan sekda (sekretaris daerah, red),” katanya. (qizink)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: