Wafatnya Rasulullah dan Kematian Isa Almasih

21 Mar

Dengan waktu yang sangat berdekatan, pada Kamis (20 Maret) umat Islam merayakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau yang biasa disebut maulid. Pada hari itu juga semestinya diperingati wafatnya Rasulullah, karena hari kelahiran dan wafatnya Al-Amin ini bersamaan, yakni pada 12 Rabiul Awal. Sementara sehari susudahnya, umat kristian juga memperingati wafatnya Isa Almasih (paskah).
Kematian dua tokoh penting umat beragama ini sangat menarik. Bahkan di Banten hampir ada kesamaan simbol tradisi dalam memperingati Maulid (sekaligus wafatnya) Rasulullah dan wafatnya Isa Al Masih ini. Bila umat kristiani memperingati paskah dengan tradisi telur paskah, maka umat Islam di Banten memeriahkannya dengan tradisi hias telur dalam tradisi panjang mulud . Walaupun peringatan kematian, kenapa simbolnya harus telor yang merupakan simbol awal kehidupan?
Namun apa pun jawabanya, sangat menarik untuk mencermati peringatan kematian Rasulullah, apalagi di masa sekarang ini. Semestinya, peringatan wafatnya Rasullah juga tak lepas dari catatan sejarah. Karena pada detik-detik wafatnya , Rasulullah menunjukkan puncak kepeduliannya pada manusia, terutama umatnya dengan kalimat… “Umatii… Umatii… Umatii…”
Di saat menjemput ajal, putera Abdullah ini masih menaruh perhatian besar dan bertanggung jawab dengan umatnya. Tanggung jawab seperti ini yang sudah tak ada di pemimpin kita saat sekarang. Jangankan pada saat susahnya, pada saat di kejayaannya saja, para pemimpin bangsa kita tak peduli dengan rakyatnya.
Olehkarennya, sekali lagi, peringatan wafatnya Rasulullah juga harus terus didengungkan!

4 Tanggapan to “Wafatnya Rasulullah dan Kematian Isa Almasih”

  1. Anonim September 23, 2008 pada 2:42 pm #

    hy…i rasulullah ga prnh mengajarkan untuk mempeingati suatu hari kmatian, lagi pula saran km berdasarkan kbiasaan orang yahudi,…. sungguh itu suatu bid’ah

  2. Awanrantisi November 24, 2008 pada 12:27 pm #

    Bener tuh bii’dah..

  3. princess Januari 25, 2009 pada 10:22 am #

    assalamualaikum…
    princess ingin mengenalpasti:
    -bagaimanakah kematian nabi isa a.s. berlaku?
    -adakah benar yang disalib itu bukan nabi isa a.s.?
    -adakah benar yang disalib itu adalah penyerupaan nabi isa a.s.? iaitu salah satu ahli yang terlibat semasa hidangan makanan yang turun daripada langit?
    -bagaimanakah peristiwa hidangan makanan turun daripada langit?
    sekian, terima kasih. wassalam..

  4. bondet September 24, 2009 pada 6:29 pm #

    jg ngawur lah… Muhammad saw tdk suka kita merayakan kelahirannya. apalagi kematiannya. ngapain ikut2 kebiasan org yahudi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: