Bubur Setan Buat Buka Puasa

7 Mar

Masalah mistik dan ilmu gaib di Banten emang udah nggak asing. Daerah yang dikenal di debusnya ini emang terkenal dengan hal-hal yang berbau magis, seperti pelet, santet, kebal, de el el.

Saking magisnya, banyak makanan di Banten yang pake idiom setan. Salah satu warung makanan yang cukup lama dikenal dengan ikon setannya adalah  BUBUR AYAM SETAN.  Warung ini terletak di depan Rumah Makan Saiki, di kawasan Pasar Lama Serang. Dari pusat Kota Serang cuma berjarak sekitar 300 meter. Bisa naek becak atau jalan kaki dari Alun-alun Serang. Kalau saat puasa sekarang bukanya menjelang magrib dan lumayan antre untuk dapetnya.

Bubur ayam ini dikelola keluarga Saow Kim Cong dan sudah ada sejak 1963. Label nama setan ini adalah pemberian dari masyarakat. Pelabelan ini lantaran pedagangnya nggak pernah netap. Sehingga bikin bingung pembeli. Jam bukanya juga dahulu mulai pukul 09.00 malem sampe jam dua pagi. Tapi sekarang sih jam bukanya udah berubah mulai sore hingga tengah malam.

Selain itu, nama setan ini juga diberikan masyarakat karena harganya emang sangat mahal dibandingkan bubur lainnya. “Setan doang! mahal banget buburnya!” begitu kira-kira komentar orang yang baru pertama kali beli. Harga bubur ayam di sini memang semangkoknya kini mencapai Rp 12 ribu. Setiap malem bisa habis 240 porsi. Pada akhir pekan bisa mencapai dua kali lipatnya.

Yang menjadi ciri khas dari bubur ayam ini, tidak memakai kuah kuning, tetapi memakai cakwe. Selain itu, ada lobak asinnya, serta ayam yang digunakan pun ayam kampung. Begitu juga dengan buburnya yang lembut. Jadi bubur ini  ini bisa maknyuss  buat berbuka puasa karena tidak terlalu berat buat lambung. So, nggak usah takut deh buka puasa dengan bubur setan ini. (*)

Iklan

5 Tanggapan to “Bubur Setan Buat Buka Puasa”

  1. ydzahra September 7, 2008 pada 7:08 am #

    iya nih, w punya temen org banten serem banget..takut ditusuk jarum pake boneka gw..ha..haa

  2. sasha September 7, 2008 pada 10:13 am #

    iiiiiiiiihhhhhh!!!! ngeri bgt tuw, ntar malah pelanggan’na yg dimakan makanan’na!!

    hwahahahaha!!!!

  3. reedzq September 8, 2008 pada 2:52 am #

    blog ini menarik lho… coba di share aja di situs social bookmarking ini>>> http://www.lintasberita.com mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini.. ok deyh.. keep up the great job ok.. thanks..

  4. ario September 8, 2008 pada 3:29 am #

    kereeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnNNNNnnnnnnn TemeN gw Mau MeSeN 20 MAnGkoK bubuR TapI ManGkoknya aja gk pk BUBUR nya MBA MAS

    • Anonim Maret 13, 2010 pada 2:19 am #

      hahahahahahhahha,,,,..,.,.,.,.i,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: