Perlukah Nama Asli Blogger?

1 Mar

Hari ini saya membaca sebuah tulisan yang cukup menarik seperti ini. Yang menarik dari tulisan kang Fatih ini bukan hanya sekedar kritikan dari Roy Suryo atau Ahmad Dhani tentang masalah blogger. Tapi yang tak kalah menarik, bagi saya adalah tentang nama asli atau palsu blogger.

Dalam dunia tulis menulis, nama palsu (nama pena) sering digunakan oleh para penulis. Nama-nama seperti Gola Gong, Naijan Lengkong, ES Ito, Biru Laut, Multatuli, de el el adalah bukan nama asli dari si penulisnya.

Banyak alasan orang menggunakan nama penanya. Ada yang agar kelihatan lebih unik, menunjukan kepribadiannya. Dan penggunaan nama palsu atau nama pena tersebut sah-sah saja dalam dunia nyata kepenulisan. Lantas mengapa dalam dunia maya, harus menggunakan nama asli?

Saya pikir nama asli atau nama palsu sama saja. Yang penting dalam seorang blogger bisa bertanggung jawab dan bisa menjaga isinya dengan baik. Biarpun menggunakan nama asli, kalau isinya memang ‘sampah’ ya percuma saja penggunaan nama asli tersebut. (*) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: