Valentine = Kisah Cinta Pendeta

12 Feb

Konon, Valentine Day yang dirayain setiap 14 Februari berasal dari kisah ‘CINTA’ St. Valentine. Ia adalah pemuda asal Roma yang ogah pindah agama Kristen. St Valentine meninggal pada 14 Februari 269 M, pas pelaksanaan hari ‘UNDIAN CINTA’.
Perayaan undian cinta ini merupakan tradisi dari jaman kerjaan Romawi kuno. Setiap tanggal 14 Februari dilakukan persembahan untuk Juno, yang dianggap sebagai ratu cinta atau dewi pernikahan atau dewi kesuburan. Sedangkan 15 Februari diperingati untuk perayaan ‘Feast of Lupercalia’. Pada perayaan ini, seorang pria harus mengambil satu kertas berisi nama seorang gadis untuk dijadikan teman kencannya (busyeeeeeeeeeeettt).
Para pastor memilih nama Hari Santo Valentinus untuk menggantikan nama undian cinta ini. Sejak itu, mulailah para pria memilih gadis yang diinginkannya bertepatan pada hari Valentine. perayaan ini juga dianggap sebagai salah satu ritual sekte-sekte menyimpang.
Oleh para penggemar St saint, tanggal kematian pendeta ini kemudian dijadiin moment buat tukar surat cinta dan tanda kasih sayang. Soalnya pada saat kematiannya, St Valentine menulis surat cinta yang cukup romantis buat kekasihnya.
Nah, kebiasaan berkirim surat ini kemudian berkembang jadi tradisi ngirim kartu valentine. Di Amerika, Esther Howland (1828-1904) adalah orang pertama yang mengirimkan kartu valentine pertama. cerita tentang esther dapat di baca di sini atau di sini

(qizink/dari berbagai sumber)

7 Tanggapan to “Valentine = Kisah Cinta Pendeta”

  1. Goenawan Lee Februari 12, 2008 pada 11:18 am #

    *siap ngepost kartu valentine ke pulau sebarang*:mrgreen:

  2. qizinklaziva Februari 13, 2008 pada 9:03 am #

    # Goenawan Lee

    Aku pasti akan menolaknya….!! wakakakak

  3. nova Februari 13, 2009 pada 4:32 am #

    bagi gw cehhhhhhhhhhhhhhhhhh.
    itu haraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmm

  4. sysy Februari 13, 2009 pada 2:02 pm #

    Jijai Banget deh Ngerayaiin Valentine……………… iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii Haraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm
    Bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetssssssssssssssssssssssssss
    Nggak Level Tauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
    Hari kasih sayang kan gak mesti di hari Valentine Setiap hari orang bisa kan berkasih sayang!!!!!!!!

  5. sugi Februari 13, 2010 pada 12:24 pm #

    betul……
    Gue aja Ogah Banget Ngrayain Hari Valentine

    Cz, Iti Haram bagi Orang2 Muslim !!!!

  6. poppy Februari 11, 2011 pada 6:44 am #

    emang si hari Valentine itu ad,tapi itu hanya berlaku buat orang non muslim,,,,,,,,,,,,,klu kt yg menjadi orang muslim itu d larang keras but ngerayain hari vaklentin tersebut,,,,,,,,,,,,,,ZOOOOOOOO hari kasi sayang bukan juga pd hri VALENTINE… tohh buktinya kta dapat ngerayain hari kasih sayang setiap hari,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  7. tono Februari 14, 2011 pada 2:46 am #

    nih ada lagi. kalo diatas kan cuma konon.
    http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2095263-sejarah-hari-valentine-kisah-santo/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: