Gong Xi Fat Chai

7 Feb

102_2996.jpg

Hari ini aku dapet tugas ngeliput imlek. Sebenarnya badan capek banget setelah seharian gathering bareng temen kantor. Tapi tugas kudu dijalani.

Jam sepuluh, setelah sekedar menyiram tubuh, aku mulai tugas. Mampir sebentar di tukang kupat tahu buat sarapan.. (aku sarapan jam 10.15). Sarapan ditutup dengan sebatang Marlboro.

Beberapa jenak kemudian, aku mulai mantau Imlek di kawasan pusat perdagangan di Kota Serang, yakni di Pasar Lama Serang dan Royal. Sebagian besar milik warga keturunan di sini tutup. Setalah jeprat-jepret beberapa gambar dan ‘ngobrol’ dengan pedagang, perjalanan dilanjutkan ke Vihara Avalokitesvara, di Banten lama.

Di depan gerbang vihara, seorang pedagang tikus dikerumuni warga, baik warga lokal maupun keturunan. Rupanya pergantian tahun dari shio babi ke tikus api, memberi berkah juga kepada pedagang tikus.

Di dalam Vihara, sudah ada Aghoem (fotografer Fajar Banten) dan Mulyana (reporter Antara). Di dalam vihara tertua di Banten ini, aku awali kegiatan dengan jeprat-jepret umat yang sedang membaca paritta atau sembahyang di depan dewa Kwan Im.

Citra Gunawan, lelaki tua yang jadi humas di Vihara yang berdekatan dengan Masjid Agung Banten ini banyak bercerita tentang imlek juga vihara ini. Setelah wawancara juga dengan beberapa umat yang rampung sembahyang, aku pikir bahan liputan sudah cukup. Sehingga saatnya aku pulang untuk mencari liputan lain. Gong Xi Fat Chai. (Qizink)

Satu Tanggapan to “Gong Xi Fat Chai”

  1. zulva Januari 24, 2009 pada 9:09 am #

    waktunya bagi bagi angpao nie om..
    ho ho ho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: