Kenapa Makam Presiden Tak di Taman Pahlawan

28 Jan

Satu lagi presiden kita tutup usia. HM Soeharto wafat di RSPP, Minggu (27/1) pukul 13.00 WIB. Media massa lokal, nasional, dan internasional secara besar-besaran menulis tokoh besar ini dengan aneka judul misalnya ‘Warisan Soeharto (kompas)’ Banjir Air Mata di Cendana (Berita Kota), Soeharto Mangkat, Selamat Jalan Pak Harto, de es be.

Ribuan orang yang pada 1998 ikut menghujat, ikut bermunajat untuk mendoakan kepulangan Sang Jenderal Besar. Soeharto memang jadi magnet bagi kawan dan lawan politiknya.

Seperti juga mantan Presiden Soekarno yang dimakamkan di Blitar, Soeharto pun memilih tempat peristirahatnya di Astana Giri Bangun Kalanganyar, di samping makam istrinya tercinta Ibu Tien.

Terus terang saya merasa aneh, kenapa para presiden kita tak ada yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP). Dalam catatan yang saya peroleh dari sini, keberadaan TMP  dikhususkan bagi mereka yang telah berjasa kepada Negara Kesatuan republik Indonesia, termasuk para pahlawan nasional, anggota militer, dan pejabat tinggi negara. Kalau melihat kriterianya, dua presiden kita sangat layak untuk menempati TMP.

Ukuran makam di TMP atau di tempat lain sama saja, paling sekitar 2×1 meter. Apakah presiden tidak dimakamkan di TMP karena merasa nggak sebagai pahlawan, sehingga ‘merasa tak layak menempati’ sepetak lahan di TMP. Apakah nasib serupa juga akan dialami Habibi, Megawati, Gus Dur, dan SBY, jika meraka nanti mangkat. Apakah para mantan presiden itu juga tak dimakamkan di TMP. Adakah yang tahu, kenapa presiden tak dimakamkan di TMP??

2 Tanggapan to “Kenapa Makam Presiden Tak di Taman Pahlawan”

  1. Goenawan Lee Januari 28, 2008 pada 7:16 pm #

    Kalo saya jadi presiden…maunya di mana ya… *mikir*

    Aha! Bangun piramid!:mrgreen:

  2. qizinklaziva Januari 29, 2008 pada 1:23 am #

    # Goenawan Lee

    Ya udah aku nobatkan kamu jadi presiden blog. Gelar lain selain seleb blog…. kayaknya yang pantas adalah makammu di laptop……!!! wakakaka😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: