Anak Krakatau Masih Aman

17 Nov

 SERANG – Aktivitas Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda hingga Jumat (16/11) masih fluktuatif (naik-turun). Berdasarkan pemantauan Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau di Pasauran, Kabupaten Serang, pukul 12.00-18.00 WIB terjadi 44 letusan, 35 hembusan, 5 tremor, 6 gempa vulkanik dalam, dan 18 gempa vulkanik dangkal.

Sementara pada enam jam sebelumnya (pukul 06.00-12.00 WIB) terjadi 57 letusan, 25 hembusan, 10 tremor, 8 gempa vulkanik dalam, dan 29 gempa vulkanik dangkal. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung hingga kemarin masih menetapkan status gunung siaga.

Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau di Pasauran, Anton Tripambudi mengatakan, aktivitas Gunung Anak Krakatau masih seperti hari-hari sebelumnya. “Tidak ada peningkatan yang drastis. Masih seperti biasa,” kata Anton, tadi malam.

Anton menambahkan, Gunung Anak Krakatau juga masih mengeluarkan asap dengan ketinggian antara 200-300 meter. “Dari pemantauan di sini memang terlihat samar-samar Gunung Anak Krakatau mengeluarkan asap berwarna keabu-abuan,” tandasnya.

Kata Anton, meski tidak ada peningkatan tajam namun status Gunung Anak Krakatau belum turun menjadi waspada. “Kalau statusnya masih tetap siaga,” ujarnya.

Anton mengaku tidak tahu sampai kapan status siaga tetap dilekatkan pada Gunung Anak Krakatau. “Kami di sini (pos pemantau, red) hanya memantau aktivitas gunung berdasarkan data-data,” tandasnya.

Hingga kemarin, Gunung Anak Krakatau masih aman untuk dilihat. “Setidaknya hingga tadi (kemarin, red) tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” ujarnya.

Terkait dengan maraknya turis asing yang ingin melihat Gunung Anak Krakatau, Anton menegaskan, tetap dilarang untuk melihat Gunung Anak Krakatau dari jarak dekat. “Tidak boleh lebih dari radius 2 km,” pungkasnya. (alt)  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: