Ribuan Polisi Amankan Arus Mudik

3 Okt

#ASDP Siapkan 12 Loket Tambahan

SERANG – Sebanyak 2.500 polisi se-Polda Banten akan dikerahkan untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2007. Mereka difokuskan untuk mengamankan jalan ruas Cilegon-Bojonegara (33 km) dan pertigaan Cikande Asem-Merak sepanjang 52 km, yang merupakan daerah rawan macet dan kecelakaan. Pengamanan juga dilakukan di 25 titik jalur kereta api (KA) Serang-Cilegon yang tidak memiliki pintu perlintasan.
Demikian hasil rapat koordinasi (rakor) Operasi Ketupat Krakatau 2007 antara Pemprov Banten, Polda Banten, Korem 064 Maulana Yusuf, Disperindagkop Banten, Denpom Serang, Dinkes Banten, PMI Banten, ASDP Merak, Lanal, Brimob, Polair, DPRD Banten, dan Dishub Banten di ruang rapat utama Polda Banten, Selasa (2/10).
Berdasarkan paparan Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Banten Kombes Irwanto, 2.500 personel yang diterjunkan dalam Operasi Ketupat Krakatau 2007 berasal dari Polda Banten sebanyak 577 personel, Polres Serang 583 personel, Polres Cilegon 490 personel, Polres Pandeglang 450 personel, dan Polres Lebak 400 personel. Jumlah tersebut, lanjut Irwanto, setara dengan 2/3 kekuatan total personel yang dimiliki Polda Banten.
“Selain ditempatkan di polres dan polsek, kami juga akan menempatkan anggota di 20 pos pengamanan sepanjang jalur mudik mulai Cikande hingga Merak,” katanya. Irwanto menambahkan, pihaknya juga akan menempatkan personel untuk memantau tujuh titik pintu KA tak berpalang di Cilegon dan 18 titik pintu KA tak berpalang di Serang.
Kapolda Banten Brigjen Pol Timur Pradopo menambahkan, ada tambahan 60 anggota bersepeda motor yang akan menjelajah sepanjang jalur mudik. “Para anggota bertugas untuk menguraikan simpul-simpul kemacetan seperti di pertigaan, perempatan atau lokasi keramaian seperti di pasar tumpah,” tukasnya.
Selain itu, Polda juga akan menyiagakan 10 unit mobil derek untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. “Kalau untuk sniper (penembak jitu, red) masih tergantung kebutuhan. Dalam pengamanan ini kita bekerja sama dengan TNI,” ujar Kapolda yang diamini Danrem 064 Maulana Yusuf, Kolonel Inf Harry Purdianto.
Direktur Lalu Lintas Polda Banten AKBP Istiono menambahkan, lebaran tahun ini akan dibanjiri oleh para pemudik motor daripada pemudik yang menggunakan mobil. Ia memprediksi, puncak arus mudik terjadi pada H-2. “Insya Allah terkendali. Soalnya cuti atau libur lebaran tahun ini lumayan panjang sehingga pemudik diperkirakan akan datang atau melewati Banten secara bergelombang sehingga kemacetan akibat penumpukan kendaraan bisa dihindarkan,” tukasnya.
Menyoal pengawalan yang akan dilakukan khusus untuk pemudik motor, Istiono menegaskan hanya mungkin diterapkan pada arus balik mendatang. “Kalau untuk arus mudik, metode pengawalan tak mungkin karena kita harus berkoordinasi dengan Polda Metrojaya,” pungkasnya.

Loket Tambahan
Pada bagian lain, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak menambah 12 loket tiket untuk mengantisipasi penumpukan penumpang akibat antrean pemudik. Beberapa titik penambahan loket antara lain di loket karcis, loket kendaraan roda dua, loket karcis kendaraan pribadi roda empat, dan di Terminal Merak.
Manajer Operasional PT ASDP Merak Endin Juhendi mengatakan, loket tambahan mulai dioperasikan H-7 mendatang. “Empat loket berada di dekat ruang informasi sedangkan delapan tiket lainnya berada di loket kendaraan roda dua dan mobil pribadi,” jelas Endin.
Penambahan loket tiket didasarkan pada pengalaman tahun sebelumnya yang tidak mampu menampung antrean pemudik. “Biasanya mulai H-6 jumlah pemudik mulai membludak memadati Pelabuhan Merak,” kata Endin.
Dia juga menjelaskan, pada 2005 total pemudik yang menggunakan motor tercatat 29.753 unit, pada 2006 tercatat 37.586 unit. “Tahun ini diperkirakan akan terjadi kenaikan 5 persen,” ujarnya. PT ASDP mencatat pada 2005 jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sebanyak 45.603 unit, dan pada 2006 tercatat 49.712 unit. (dew/brp)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: