Apem Putih Khas Cimanuk Pandeglang

22 Sep

Di bulan puasa, selera menyantap hidangan yang lezat cukup tinggi. Apalagi saat melihatnya secara langsung. Bulan puasa, banyak makanan daerah yang mudah ditemui, misalnya apem putih khas Cimanuk Pandeglang.Apem ini memiliki rasa yang sangat khas, sedikit asem dengan bentuk kotak. Sangat tepat bila diadikan santapan saat berbuka puasa. Rasa asam pada apem tidak lagi terasa saat dipadukan cairan gula merah atau sirup, dengan cara dilumuri atau dicocol. “Kalau soal rasa mah jangan khawatir, sudah terjamin sejak dahulu,” tutur Tati Suryati (53) salah satu penjual apem putih di Pasar Pandeglang.Dia ngejelasin, proses pembutannya susah-susah gampang karena tidak terlalu sulit mencari bahan untuk proses pembutannya. Untuk menjadi hasil yang sempurna dibutuhkan bahan dasar seperti tepung beras putih, ditambah tape singkong secukupnya, diaduk dengan air panas. Setelah menjadi adonan yang sempurna, adonan dimasukkan ke dalam cetakan dari daun pisang sepet. Setelah itu dikukus sampai matang. Lalu siap disajikan. Menurut Tati, jangan sesekali menyimpannya di lemari es karena bisa beku.Apem asal cimanuk ini sangat pas disantap saat masih hangat karena bisa menghangatkan perut yang kosong pada saat buka puasa.   Tidak terlalu sulit mencari apem tersebut karena yang diproduksi oleh warga Cimanuk sudah nyebar ke berbagai daerah. Jajanan tradisional ini banyak terdapat di jajaran para penjual apem khas Cimanuk di Pasar Pandeglang, atau datang langsung ke pasar Cimanuk. Dengan mengeluarkan kocek sebesar empat ribu rupiah, sudah bisa membawa pulang sepuluh buah apem kotak plus cairan gula merah. “Para pembeli tidak hanya dari Pandeglang, tapi dari luar kota seperti Serang, Jakarta, Rangkasbitung dan banyak lagi,” tambah Tati yang sudah bertahun-tahun menjadi penjual dan  pembuat apem Cimanuk.Dia berharap bisa ngembangin usahanya supaya lebih besar lagi. “Kalau ada modal mah kepengen ngembangin usaha ini dan tidak hanya puasa saja tapi tiap hari,” harapnya. (*)

5 Tanggapan to “Apem Putih Khas Cimanuk Pandeglang”

  1. taufik Februari 10, 2009 pada 7:06 am #

    coba di pandeglang ada usaha untuk ngembangin makanan2 tradisional!!!supaya generasi muda pada tau klo kita punya banyak bgt makanan tradisional yang ga kalah ma daerah lain!!! coba dimyati mikir!!! jangan sibuk korupsi+kampanye istrinya ja!!!

  2. cinta pandeglang Agustus 5, 2009 pada 7:50 am #

    gabung di cintapandeglang.com, article submision bisa juga disana.posting makanan khas pandeglang dong disana

  3. GoMe Computer Oktober 17, 2009 pada 6:56 pm #

    makanan enak, resepnya mana?

    • desi April 12, 2010 pada 10:19 am #

      ia yah q stuju ntu……………………………………

  4. desi April 12, 2010 pada 10:22 am #

    iiiiia aku stuju bnget ma kmu, harus nya kta sbgai anak pandeglang harus kompak buat ngembngin khas mkanan kta,jangan gengsi yg di gedein

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: